Selasa, 20 Desember 2011

PENTINGNYA STRATEGI SCM (Supply Chain Management)

Supply Chain Management berkaitan dengan siklus yang lengkap dari bahan mentah dari para supplier, ke kegiatan operasional di perusahaan, berlanjut ke ditribusi sampai kepada konsumen. Hal penting yang menjadi dasar pemikiran pada konsep ini adalah focus pada pengurangan kesia-siaan dan mengoptimalkan nilai pada rantai pasokan yang berkaitan.

1. Supply Chain Management ?
Merupakan pengelolaan berbagai kegiatan dalam rangka memperoleh bahan mentah, dilanjutkan kegiatan transformasi sehingga menjadi produk dalam proses, kemudian menjadi produk jadi dan diteruskan dengan pengiriman kepada konsumen melalui sistim distribusi. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan mencakup pembelian secara tradisional dan berbagai kegiatan penting lainnya yang berhubungan dengan supplier dan distributor.


Supply Chain Management antara lain meliputi penetapan:
a. Pengangkutan.
b. pembayaran secara tunai atau kredit (proses transfer)
c. supplier
d. distributor dan pihak yang membantu transaksi seperti Bank
e. Hutang maupun piutang
f. Pergudangan
g. Pemenuhan pesanan
h. Informasi mengenai ramalan permintaan, produksi maupun pengendalian persediaan.

2. Suplly chain membantu Strategy Bisnis
Bagaimana keputusan mengenai rantai pasokan berdampak pada strategi akan ditunjukkan pada table berikut:
Murah strategi
Respon strategi
Diferensiasi Strategi
Tujuan pemasok
Memenuhi permintaan dengan biaya serendah mungkin
Menanggapi perubahan kebutuhan / permintaan untuk meminjam terjadinya persediaan cepat habis
Riset pasar, bersama-sama mengembangkan produk-produk dan opsi-opsi
Kriteria seleksi utama
Pilih terutama untuk biaya
Pilih terutama untuk kapasitas, kecepatan dan fleksibilitas
Pilih trtm krn ketrampilan pengembangan produk
Karakteristik proses
Utilitas mempertahankan rata-rata tinggi
Penanaman kapasitas modalpada kelebihan dan proses yang fleksibel
Modular proses yang menyebabkan kustomisasi massal
Karakteristik Persediaan
Meminimalkan seluruh rantai pasokan untuk mengurangi biaya
Mengembangkan istem CEPT respon, dengan ketentuan cadangan untuk menjamin pasokan
Persediaan Mmin dalam rantai untuk menghindari produk menjadi usang
Karakteristik Waktu Timbal
Mempersingkat lead time selama tidak ada biaya meningkatkn
Berinvestasi secara agresif untuk lead time produksi mngurangi
Berinvestasi secara agresif untuk mengurangi waktu pengembangan mengarah
Karakteristik desain produk
Memaksimalkan kinerja dan biaya minkn
Mernggunakan mndorong desain produk set-up waktu produksi rendah dan massa
Mengg beda desain modular untuk menunda produk selama MGK tersebut.




Isu global tentang Supply Chain

Pada waktu perusahaan sudah masuk dalam pasar global, maka perluasan rantai pasokan yang dimiliki menjadi suatu tantangan strategis.

Agar supaya rencana strategi tentang manajemen rantai pasokan menjadi
sukses, maka seharusnya:
a. Fleksibel dalam arti cukup reaktif terhadap perubahan yang ada baik dari ketrersediaan komponen, distribusi, jalur pengiriman, aturan impor dan nilai tukar.
b. Dapat menggunakan teknologi mutahir untuk menjadwal dan mengelola pengiriman komponen dan produk akhir.
c. Menetapkan staff yang mempunyai keahlian secara local mengenai cara menyikapi peraturan, perdagangan, pengangkutan, penanganan konsumen dan isu politik.

1 komentar:

  1. peluang pinjaman yang ditawarkan oleh mr, pedro yang menyelamatkan keluarga saya dari belenggu keuangan halo semuanya, saya putri adiratnaa single mom dari jakarta, saya ingin membagikan kesaksian hebat ini tentang bagaimana saya mendapat pinjaman dari mr, pedro, ketika kami diusir dari rumah kami ketika saya tidak dapat membayar tagihan saya lagi, setelah ditipu oleh berbagai perusahaan online dan menolak pinjaman dari bank saya dan beberapa serikat kredit lain yang saya kunjungi. anak-anak saya diasuh oleh anak asuh, saya sendirian di jalan. hari aku dengan malu-malu bertemu dengan teman sekolah lama yang memperkenalkanku pada daisy maureen. pada awalnya saya mengatakan kepadanya bahwa saya tidak siap untuk mengambil risiko meminta pinjaman online lagi, tetapi dia meyakinkan saya bahwa saya akan menerima pinjaman saya dari mereka. setelah dipikir-pikir, karena tunawisma saya, saya harus mengambil percobaan dan mengajukan pinjaman, untungnya bagi saya, saya menerima pinjaman $80.000,00 dari mr, pedro. Saya senang saya mengambil risiko dan mengajukan pinjaman. anak-anak saya telah diberikan kembali kepada saya dan sekarang saya memiliki rumah dan bisnis saya sendiri. semua terima kasih dan rasa terima kasih pergi ke bantuan mr, pedro untuk memberi saya arti hidup ketika saya telah kehilangan semua harapan. jika Anda sedang mencari bantuan pinjaman, Anda dapat menghubungi mereka melalui: { pedroloanss@gmail.com whatsapp+1 863 231 0632 } telegram @ pedroloanss

    BalasHapus